Sabtu, 12 Desember 2015

Kuliah Sastra Jepang Itu Gimana Sih??

Hmmm, memasuki bulan Desember Semarang kerap kali diguyur hujan. Tembalang yang sempat memanas pun sekarang mulai terasa dingin. Walaupun kalau siang panasnya juga minta ampun. XD

Jadi gimana? Bulan Desember akan segera berakhir itu berarti semester genap akan dimulai. Saya akan memasuki semester enam dan yang sekarang duduk di kelas tiga SMA akan segera lulus. 
Lulus untuk anak SMA bukan lulus begitu saja. Masih ada hal yang harus dipertanyakan dan dikerjakan. Contohnya, Setelah lulus akan kuliah di mana? Ngambil jurusan apa? Kalau jurusan yang diminati adanya di luar kota haruskah merantau? Dan lain-lain.

Salah satu PTN yang ada prodi Sastra Jepang
Jujur ini adalah masa-masa paling krusial. Karena pada dasarnya semuanya dimulai dari sini. Ketika kita memutuskan akan mengambil jurusan apa, kedepannya kita hanya akan berkutat dengan itu. Jadi pilihlah yang kita sukai, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Karena saya mahasiswa Sastra Jepang saya akan berbagi informasi mengenai Sastra Jepang. Di Indonesia PTN (Perguruan Tinggi Negri) yang memiliki prodi Sastra Jepang masih sangatlah sedikit. Sebut saja,  UI, UGM, UB, Unpad, Undip, Unair dan Andalas. Peminatnya pun belum terlalu banyak. Sependek pengetahuan saya, kebanyakan mahasiswa yang mengambil jurusan Sastra Jepang adalah orang-orang yang menyukai kebudayaan Jepang. Tak dapat dipungkiri budaya J-Pop memang berkembang pesat di Indonesia. Selain itu mungkin orang-orang yang mendapat pilihan kedua. Kenapa pilihan kedua? Mungkin saat seleksi masuk perguruan tinggi dia memilih jurusan lain untuk pilihan pertama dan yang kedua adalah Sastra Jepang. Karena yang pertama tidak lolos dan yang kedua lolos, apa boleh buat jadilah mahasiswa Sastra Jepang.


Untuk sekedar Informasi, kuliah di Sastra Jepang itu mudah-mudah susah. Untuk semester pertama memang mudah, karena kita masih menggunakan buku dasar. Jadi tak terlalu susah. Saat memasuki semester lima baru terasa susahnya. Kita dihadapkan pada banyak kenyataan yang pada semester satu tidak kita ketahui. Contohnya Negara Jepang menggunakan 5 huruf untuk komunikasi verbalnya. Bayangkan Indonesia saja hanya punya satu. Alphabet. Jepang lima. Apa saja itu? Hiragana, Katakana, Kanji, Romaji dan Alphabet. Semuanya jadi satu. Hiragana dan Katakana sih masih mudah hanya terdiri dari 46 karakter dan hanya mewakili satu bunyi bahasa. Lha Kanji?  ada ribuan Kanji yang tersebar di pelosok Jepang sana. Bahkan menurut pengakuan orang Jepang sendiri ada banyak Kanji yang tidak mereka tahu. Yang lebih membingungkan lagi Kanji dibaca dengan dua cara. On-yomi dan kun-yomi. Cara baca Jepang dan cara baca Cina. Jadi satu haruf bisa dibaca berbeda-beda tergantung makna. Jadi kita musti menyiapkan memori yang lebih jika belajar Kanji. Untuk Kanji memang ada mata kuliahnya sendiri, dan hati-hati minna-sama, kebanyakan mahasiswa mengulang di mata kuliah ini. Kanji sudah seperti mimpi buruk untuk mahasiswa Sastra Jepang kebanyakan.


Mahasiswa Sastra Jepang
Selain Kanji, momok yang sama-sama menakutkannya adalah Bunpou. Bunpou adalah tata bahasa Jepang. Ada yang bilang bahasa itu mewakili budaya. Pada tahu kan gimana budaya orang Jepang? Orang Jepang terkenal sangat santun. Begitu juga susunan bahasanya. Karena orang tua saya orang Jawa, saya bisa menyebut bahasa Jepang seperti bahasa Jawa. Mereka mengenal bahasa krama, Jadi kosakata yang digunakan orang Jepang tergantung dengan siapa mereka berbicara. contohnya taberu. artinya makan, digunakan untuk orang yang seumuran. sedangkan untuk orang yang lebih tua menggunakan mesiagarimasu. Mirip bahasa Jawa kan? Walaupun lebih banyak lagi yang bilang seperti bahasa Sunda.  Berhubung saya tidak tahu bahasa Sunda jadi saya memilih menggunakan contoh bahasa Jawa.

Konsep bertutur kata dalam bahasa jepang tidak hanya dipengaruhi oleh perbedaan usia. Maksudnya, untuk menghormati orang tua, kita menggunakan pilihan kata yang lebih bagus. tidak. Ada banyak konsep dalam bahasa Jepang. Kita mengenal Uchi Soto atau orang dalam dan orang luar. Nah, hal-hal menarik seperti ini bisa kita temukan di mata kuliah Kebudayaan Jepang. Mata kuliah ini selalu jadi favorit mahasiswa. Di sini kita bisa belajar banyak hal dari Negeri Matahari Terbit tersebut. Kalian tahu shodo? Itu kaligrafi Jepang. Kita juga akan belajar itu. Kita akan lebih banyak tahu tentang gaya hidup orang Jepang. Otaku. Hikikomori. Jisatsu, Ijeme. Geisha. Itu akan jadi bahasan yang menarik sekali untuk diperbincangkan.

Geisha 
Bicara mengenai jurusan kuliah terasa tidak afdol kan kalau tidak bicara tentang peluang kerjanya nanti seperti apa. Karena saya juga masih semester lima, tidak pantas saya bilang kalau peluangnya sangat bagus. Seperti mendongeng tanpa tahu kenyataan di lapangan. Tapi sependek pengetahuan saya jarang ada yang menganggur. Dosen, penerjemah, karyawan di perusahaan Jepang adalah contoh yang bisa saya sebutkan. Jika kalian memiliki skill lain, jurnalistik misalnya. Itu akan lebih bagus. Siapa tahu kalian dikirim ke Jepang karena bisa berbahasa Jepang dan meliput berita di sana. Yang pasti jalanin dulu aja, siapa tahu jodoh. :D


Yang pasti kuliah di Sastra Jepang itu ga selalu menyenangkan. Ada pahitnya juga. Tapi bukankah selalu begitu? Tidak ada proses menuntut ilmu yang mudah. Jadi nikmati saja selagi bisa. Ganbatte kudasai buat siapapun yang memilih jurusannya Sastra Jepang. Kalian Luar Biasa.

64 komentar:

  1. どうも ありがとう鬼ちゃん。jadi ada pandangan soal fakultas yang mw saya ambil...

    BalasHapus
  2. Kak mau tanya nih .. kalo mau masuk Jurusan yang Jejepangan tetapi belum ada basic bahasa Jepang bisa ngak ka? ap mesti kudu kursus dulu.. soalny saya pas sma dulu Jurusan IPA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau masuk sastra jepang harus test SOSHUM kalo gak salah, hal hal IPS gitu

      Hapus
    2. Harus belajar dari nol lagi doang? :"(

      Hapus
    3. Kak mau tanya, kalo misal kayak aku lulusan jurusan tata busana, trs mau ambil mata kuliah sastra jepang kira2 tesnya apa kak?

      Hapus
  3. Permisi kakak, saya mau bertanya.. Apa saja yang perlu disiapkan jika ingin di sasjep undip? Dan jika diijinkan, usaha apa saja yang kakak lakukan dalam sasjep undip?

    BalasHapus
  4. Permisi kakak, saya mau bertanya.. Apa saja yang perlu disiapkan jika ingin di sasjep undip? Dan jika diijinkan, usaha apa saja yang kakak lakukan dalam sasjep undip?

    BalasHapus
  5. Saya juga mahasiswa Undip masih semester pertama, tpi karena jurusan saya kurang " sreg", saya ingin mencoba program sbm lagi, dan jurusan sastra Jepang sudah menarik perhatian saya. Kadang saya juga masih ragu dengan anggapan bahwa jurusan sastra Jepang peluang kerja sangat sedikit .

    BalasHapus
  6. Kalau di sma gak belajar bahasa jepang, apakah nantinya dapat mengikuti pelajaran di jenjang kuliah?

    BalasHapus
  7. Blog ini ditulis lebih kurang 2 tahun yg lalu. Nah sekarang pasti senpai udah wisuda dong? sekarang senpai masih nganggur atau udah ada kerjaan? yaa walau cuma jadi guru les bahasa yg kecil²an

    BalasHapus
  8. Saya skrg smk kls 12 jurusan perawat, apa bisa masuk sastra jepang?

    BalasHapus
  9. Saya sekarang kelas 11 Ipa dan ada mapel bahasa Jepang disekolahku, kalau mau masuk ke Undip jurusan bahasa Jepang apakah harus kursus atau les kitanya...?? Terimakasih Kak...

    BalasHapus
  10. ありがとうございます、センパイ!あなたの文章がだいすき!terima kasih ka, saya murid SMA jurusan bahasa ada niatan buat lanjut ke kuliah sastra jepang. Blog ini sangat membantu..

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kok di snmptn undip gaada sastra jepang yak ?

    BalasHapus
  13. Maaf saya mau tanya
    Di kelas 10 saya pernah belajar bhs jep
    Sekarang di klas 11 gak ada mapel nya
    Apakah bisa masuk sastra Jepang?

    BalasHapus
  14. Maaf saya mau tanya
    Di kelas 10 saya pernah belajar bhs jep
    Sekarang di klas 11 gak ada mapel nya
    Apakah bisa masuk sastra Jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, karna masuk sastra jepang ga harus bisa bhs jepang karna nanti belajarnya dr dasar banget. tapi kalo gatau apa2 nanti nya bisa jd lari2an jg sih setau saya hehe

      Hapus
  15. Kalo boleh kak minta kontak dari penulisnya dong. Pengen mengenal lebih ni dari jurusan sastra jepang :)

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Wah sama..aku juga masiswa sastra jepang...salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak mahasiswa sastra jepang? Boleh mengenal lebih dalam nggak ttg sasjep? I mean. Bagaimana keluh kesahnya?

      Hapus
  18. Assalamualaikum Kak saya mau tanya...saya siswa kelas 3 sma ingin lanjut belajar ke jurusan sastra jepang...tapi saya tidak punya dasar bahasa jepang...apakah saya masih bosa masuk ke jurusan tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo aku mau bantu jawab, aku maba sasjep di ptn jabar. kebetulan aku sendiri basic jepangnya juga ga terlalu banyak kayak temen aku, tapi aku bisa masuk kok. asal kamu ada kemauan pasti bisa. semangat ya

      Hapus
  19. Wahh aku emang tertarik banget buat masuk sasjep. Ka mau curhat, basic jepang aku udah punya tp karena malah fokus belajar bajep beberapa nilai mapel sekolah jadi turun. Kira-kira kalo ada sertifikat jlpt bisa jadi pertimbangan nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, menurutku JLPT kurang berpengaruh kalo buat masuk PT di Indonesia. Soalnya kalo mau masuk PTN yg dipelajari untuk masuk jurusan sasjep adalah SOSHUM (Materi IPS). Nah kalo mau ke swasta sih bebas, biasanya ujiannya hanya formalitas. Semangat

      Hapus
  20. Berminat sih..... tapi yakin bisa gk ya...... ikut sastra jepang...

    BalasHapus
  21. Kak aku gak punya basic basjep sama sekali, kira2 bisa gak ya kak aku masuk basjep? Aku pengen tapi aku takut:( kasih saran dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sejak SMA tidak ada belajar bahasa jepang, eh ada tapi cuma dua kali, itupun les sore saja. Tapi kemarin ikut snmptn alhamdulillah jebol juga kok :) Dan sekarang jadi MABA UNAND 2019 ehe :"

      Hapus
    2. kak,tahun sekarang susah ya kak jdi MABA UNAND lewat sbm?soalnya aku udh daftar tapi nilai rendah🙁

      Hapus
  22. Nilai sbm saya 503+ apakah bisa masuk Undip sasjep? Mohon pencerahannya 😭

    BalasHapus
  23. Kalo SMA nya jurusan IPA pas kuliah bisa ngambil jurusan sastra Jepang gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, kalo PTN masuknya jalur SBMPTN materinya Soshum (IPS) jadi mau gak mau harus belajar ekonomi dan teman2nya. Tpi kalo mau ke PTS ujiannya biasanya hanya formalitas. Nah nanti pas masuk kuliah, kamu bakal belajar dari huruf2 dasar kok. Semangatttt

      Hapus
  24. Bisa aja kak, cuman harus sbmptn, tp kalo di universitas saya yang diambil hanya nilai B.indonesia Matematika B.inggris sama sejarag, itu pakai nilai raport kak, wajar sih soalnya universitas saya swasta

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Halo semuanya! Sebelumnya perkenalkan, saya merupakan mahasiswa Sastra Jepang di salah satu PTN di jabar. Sebenernya kalo mau masuk jurusan sastra jepang atau sastra apapun itu, coba dipikirin baik-baik dulu deh. Ini bukan masalah nanti mau kerja jadi apa, tapi lebih ke bertahan hidup selama kuliah di sastra. Kuliah sastra itu bisa dibilang cukup sulit, apalagi kalo ngambil sastra asing. Kesulitannya itu biasanya dalam menghapal bahasa baru gitusih. Mulai dari vocabnya (kosa kata), sampe ke grammarnya. Apalagi kalo kita ngambil jurusan sastra yang tulisannya itu gapake alfabet lagi. Contoh : Jepang, China, Korea dll. Jadi intinya adalah belajar di sastra tuh gaboleh males malesan dan harus giat, terutama di bidang bahasanya. Karna kalo kita dari bahasanya aja gabisa, ya yaudah terjerumus terlalu dalam dan menjadi jurang buat diri kita sendiri. Ya memang sih banyak orang yang diuntungkan dengan kemampuan bahasa yang bersangkutan sebelum nerusin ke jenjang kuliah sastra. Tapi sebenernya jangan minder sama mereka yang udah jago, masih banyak juga kok yang belom bisa samsek tapi belajarnya sungguh-sungguh jadi bisa survive di dalamnya. Semangat!! Buat yang mau ngambil sastra terutama sastra Jepang. Karena kamu gabakal bisa 'sesantai' kata orang di luar sana.

    BalasHapus
  27. Kak kalau masuk sastra jepang undip apakah gak bisa lewat jalur sbmptn ? Soalnya aku buka di web nya g ada jurusan sastra jepang

    BalasHapus
  28. Kak klo kayak sya lulusan jurusan tata busana, lalu apa yg hrs saya siapkan untuk bs msk dlm mata kuliah sastra jepang?

    BalasHapus
  29. Kak klo kayak sya lulusan jurusan tata busana, lalu apa yg hrs saya siapkan untuk bs msk dlm mata kuliah sastra jepang?

    BalasHapus
  30. Ka, aku mau tanya dong,aku pengen masuk kuliah sastra jepang tpi aku gk bisa bahasa jepang dan gk ngerti sama sekali tentang jepang gitu. Bisa gk ya masuk kuliah jurusan sastra jepang?

    BalasHapus
  31. Diharuskan ada laptop kah? Karna gua ada pc doang

    BalasHapus
  32. Kak aku pengen masuk sastra Jepang
    Tapi gak pernah tau seperti apa bahasa Jepang apa bisa??
    Trus fakultas mana aja yang menyediakan jurusan sastra jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin balas ya,hihi.hi aku mahasiswa sastra jepang yang bener bener gatau sasjep dari awal.bisa kok,asal mau belajar hehe.fakultas ilmu budaya kalau sastra jepang:)

      Hapus
  33. Semoga bisa jadi anak sastra Jepang juga kaya kakaknya aminn, ntar aku dtg lg kesini kalo misalnya keterima di jurusan ini suatu saat nanti

    BalasHapus
  34. Untuk masuk snm jurusan sastra jepang, nilai mata pelajaran apa aja ya ka yang mendukung untuk bisa masuk jurusan sastra jepang?

    BalasHapus
  35. Kak mata pelajaran apa aja yg bakal diliat utk masuk sastra jepang.Apa anak IPA bisa masuk ke dlm sastra jepang?jika blm terlalu fasih bahasa jepang apakah bisa masuk ke dlm sastra jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari komentar yang saya baca dari atas itu bisa, tapi nanti pas lulus SMA itu ikut soshum yang terkait sama pelajaran ips.

      Hapus
  36. Malam kak,
    Kak apakah suata saat nanti dan ada saatnya kita bisa berbicara bahasa Jepang walaupun belajarnya susah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ikut nyimak.. Saya juga Susah sih bicara bahasa jepang XD

      Hapus
  37. Kak tanya, kalo lulusan tata busana dan ga tahu menahu sama sekali ttg jepang peluang untuk keterima kira-kira berapa persen? Lalu kalo mau masuk ke sastra jepang lulusan dari tata busana yg pastinya lintas jurusan tes nya gimana?

    BalasHapus
  38. Kalau kuliah sasjep. Apa ada mata kuliah bahasa lain atau nggak ya? Sama student exchange ke luar negeri juga

    BalasHapus
  39. Kak mau nanya di undip itu lebih fokus ke pendidikan bahasa jepang apa ke sastra jepang ya?

    BalasHapus
  40. Kak saya mau nanyak,anak ips apa bisa kuliah ngambil jurusan sastra jepang,sebelumnya saya juga ada mapel sastra jepang di SMA

    BalasHapus
  41. Kak SMK yg gk ada mapel bhs Jepang bisa masuk Bahasa dan kebudayaan Jepang Undip gk?

    BalasHapus
  42. Halo kak, ini post sudah dari 2015,dan pasti kakak udah lulus, kalo boleh tau kakak kerja nya apa ya? Maaf saya kurang sopan, saya cuma takut

    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Kak kalo di jurusan sastra jepang itu nulis skripsi nya gimana,pake alfabet atau mungkin pake bahasa jepang seperti kanji dll nya

    BalasHapus